Olos,jajanan khas Tegal


Olos, Si Bulat yang Pedas dari Tegal

Hasil gambar untuk olos
Olos.. apa yang terpikir di otak dan benak anda ketika mendengar kata olos..?? suatu kota kah? transportasi modern? Mainan? julukan seseorang? selebritis baru? Kata plesetan baru? Atauuuuuuu....apa hayoo???

Apakah anda sudah cukup penasaran dengan kata olos,,,??  Walaupun anda tidak penasaran, saya akan tetap memberi tahu apa itu olos yang sebenarnya,,, hehehe.

Olos adalah jajanan berupa gorengan berbentuk bulat khas Tegal yang dibuat dari tepung kanji yang dicampur tepung terigu serta di dalamnya berisi sayuran kol. Tetapi sekarang banyak inovasi baru isi olos yang dikembangkan oleh para pedagang olos, ada isi sosis, ayam, keju dan lain-lain. Yang khas dari olos itu sendiri adalah adanya rasa pedas yang cetar membahana (sorry agak lebay) karena selain berisi sayur kol, olos juga disertakan cabe rawit. Itulah yang membuat para oloser (sebutan untuk penikmat olos) berkeringat dan merasa kepedesan, walaupun demikian olos tetap dicari oleh penikmat olos maupun pecinta pedas.

Untuk pecinta pedas  makanan ini bisa menjadi makanan favorit, tetapi sayangnya untuk daerah luar Tegal dan sekitarnya makanan ini masih susah untuk dicari. Eitz, tapi tenang dan jangan khawatir untuk kabupaten Brebes (tetangga Tegal) jajanan ini sudah dapat ditemui dengan mudah di pinggir-pinggir jalan. Setiap pedagang menjanjikan rasa yang berbeda dan kepedasan yang berbeda pula, bentuk pun sampai beda, ada yang bulat kecil ada yang bulat besar, itu tergantung lidah dan selera masing-masing.

Untuk yang penasaran dengan rasa olos yang sebenarnya bisa langsung membeli di pedagang kaki lima terdekat atau langsung mencoba membuatnya sendiri  di rumah. Karena saya baik hati,  saya akan memberi resep membuat olos sendiri khusus buat anda yang penasaran

Ini dia resep pembuatan olos yang saya tanyakan langsung pada pedagang olos ,,,hehehe

Bahan :

Tepung terigu

Tepung kanji

Cabe rawit sesuai selera

Air secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Garam dan bumbu

Untuk isi olos kita sesuaikan dengan selera

Cara membuat:

1.Campurkan tepung kanji dan tepung terigu (tepung kanji 30% dan tepung terigu 70%)

2.Tambahkan air secukupnya (jangan terlalu cair maupun terlalu kental)

3.Tambahkan garam secukupnya

4.Aduk sampai tercampur rata

5.Bentuk adonan menjadi bulat dan pipihkan

6.Masukkan isi olos dan cabe rawit( isi olos sesuaikan selera)

7.Bentuk adonan menjadi bulat kembali

8.Goreng dengan minyak

9.Ketika warna olos agak kecoklatan, olos siap diangkat dan ditiriskan

10.Olos siap disajikan

Komentar