Gemblong Kicak


Kue gemblong kicak adalah sajian tradisional Indonesia tepatnya dari kota Tegal. Beras ketan putih yang menjadi bahan utamanya terasa lebih gurih dengan campuran kelapa parut. Hidangan ini disajikan dengan saus santan yang disertai potongan nangka yang harum.  Gemblong kicak atau di beberapa daerah menyebut dengan jadah adalah menu kue tradisional yang enak banget, terbuat dari bahan utama tepung beras ketan. Berbeda dari Kue Gemblong yang sebelumnya di bagikan, karena bahan utama gemblong yang dari Bandung menggunakan bahan dasar tepung ketan, dan tepung beras. Rasanya pun pasti berbeda, juga bentuknya.
Hasil gambar untuk gemblong kicak
Biasanya disajikan pada saat bulan ramadhan sebagai menu yang banyak dirindukan oleh banyak orang terutama saat sore hari menjelang waktu berbuka puasa, karena makanan tradisional ini memang sangat cocok sebagai menu berbuka puasa. Ada yang bilang berbukalah dengan yang manis, bukan begitu? Nah kue inilah alternatif makanan manis untuk berbuka puasa. Kue yang legit ini disajikan bersama dengan saus gula dengan santan kental yang membuat rasa kue tradisional ini menjadi unik manis dan gurih.

Bahan

* 500 gram beras ketan putih, rendam 2 jam, tiriskan
* ½ butir kelapa, parut kasar
* 250 ml air
* 1 sdt garam
* 3 lembar daun pandan
* Daun pisang secukupnya, untuk alas

Saus gula

* 500 ml santan dari 1 butir kelapa
* ½ sdt garam
* 5 sdm irisan gula merah
* 1 sdt tepung beras
* 8 buah nangka, potong dadu

Cara membuat :
1. campurkan beras ketan putih dengan kelapa parut, aduk rata, kukus selama 25 menit.
2. didihkan air, garam, dan daun pandan, masukkan beras ketan, aduk-aduk sampai air habis, angkat, kukus sampai matang.
3. siapkan loyang ukuran 24 x 24 x 4 cm, alasi dengan daun pisang, lalu olesi dengan minyak goreng. Tumbuk halus ketan yang sudah dikukus, masukkan ke dalam loyang, padatkan. Keluarkan dari loyang, potong-potong sesuai selera, dan sajikan dengan saus gula.
4. saus gula: rebus santan bersama garam, gula merah, dan tepung beras sampai mendidih sambil diaduk-aduk. Masukkan potongan nangka, aduk rata, angkat.

Hasil 16 buah


Komentar