Bolu Kukus

Siapa yang gak kenal kue bolu? Jajanan tradisional yang punya ciri khas berwarna-warni dan harga terjangkau ini sudah jadi favorit banyak orang sejak lama. Banyak jenis bolu tersedia di luar sana, tapi salah satu tipe yang populer adalah bolu kukus. Salah satu faktornya adalah metode pembuatannya yang gak butuh oven dan bahan-bahan yang cukup sederhana dan dapat ditemukan di dapur pada umumnya. 
Kali ini, HappyFresh akan berbagi sama kamu resep bolu kukus yang super praktis. Ikuti aja langkah-langkah di bawah ini, niscaya bolu kamu pasti ngembang sempurna!
Sebelum terjun ke resep, pastikan kamu udah siap sedia bahan-bahan di bawah ini:

Bahan yang dibutuhkan

  • 2 butir telur
  • 2 kuning telur
  • 175 ml air soda manis
  • 250 g tepung terigu
  • 250 g gula pasir halus
  • ¼ sdt pewarna makanan (sesuai selera)
  • Mangkuk cetakan dari kertas

Resep Bolu Kukus

  1. Dalam mangkuk, campurkan telur, kuning telur, dan gula pasir.
  2. Ratakan dengan mixer dengan kecepatan tinggi selama setengah jam hingga adonan jadi putih dan kental.
  3. Campur tepung terigu secara bertahap dengan mikser masih dinyalakan dan tuang air soda hingga rata. 
  4. Pisahkan sekitar 100 ml adonan dan campur dengan pewarna makanan sesuai seleramu.
  5. Dalam dandang, didihkan air di atas api besar. Bungkus dan tutup dandang dengan kain.
  6. Di mangkuk cetakan kue bolu, masukkan cetakan kertas. Tuang adonan ke dalam cetakan kertas hingga ½ penuh dan campur 1 sdt adonan dengan pewarna makanan.
  7. Taruh cetakan berisi adonan ke dalam dandang dan kukus selama 20 menit dalam keadaan ditutup rapat.
  8. Buka tutup dandang dan lepaskan kue dari cetakan kue bolu. 
  9. Kue bolu siap disajikan.
Nah, resepnya mudah banget diikuti kan? Tentunya selalu ada cara untuk bikin resep kue bolumu semakin ciamik. Maka dari itu, yuk intip juga tips tambahan sebelum kamu coba resepnya di bawah ini:
resep bolu kukus mekar

Tips Biar Kue Bolu Mengembang Sempurna

  1. Manfaatkan Suhu Ruang
Jangan gunakan telur yang masih terlalu dingin saat membuat adonan bolu. Perhatikan suhu dari bahan-bahan yang akan kamu pakai dan pastikan sudah dalam suhu ruang agar bolu tidak jadi bantat. 
  1. Jangan Malu-malu Pakai Gula
Ada yang lebih suka bolu yang tak terlalu manis, tapi pemakaian gula dalam bolu memang harus cukup banyak dibanding resep kue lain. Tujuan dari penggunaan gula dalam bolu tak lain adalah supaya adonan bolu dapat dikocok hingga benar-benar kental. Tanpa gula, hal ini akan lebih susah dicapai.
  1. Pentingnya Penggunaan Mixer Kecepatan Tinggi
Sayangnya, alat satu ini gak bisa dikorting. Adonan utama yang berbahan gula dan telur harus dikocok dengan mixer kecepatan tinggi agar mengembang dan berwarna pucat. Jika terlewat, hasil akhir bolu akan jadi bantat dan tidak mengembang. 
  1. Dandang jangan sampai kepenuhan
Dalam proses pengukusan, beri jarak antar cetakan supaya bolu punya cukup ruang untuk mengembang. Saran HappyFresh, masukkan maksimal 6 cup bolu dalam satu kali kukus saja.
  1. Beri waktu 15 menit per kukus
Sama seperti proses pengocokan, beri waktu yang cukup untuk bolu mengembang dalam kukusan selama 15 menit. Selain itu, hindari buka-tutup dandang kecuali ketika bolu benar-benar matang, ya.
Harga: Rp 5.000/biji

Komentar